Entri Populer

Selasa, 31 Juli 2012

Sejenak bersama Mbah SIRIMAU


Sejenak bersama Mbah SIRIMAU
         
            Demi mencari masa depan yang lebih baik.. keputusan sudah bulat and gak bisa diganggu gugat.. berlayarlah aku menuju Pulau Sumba.. apa yang dicari? Rejeki yang lebih baik.. lagi-lagi perpisahaan harus ku hadapi... hati ku benar-benar sendu (bukan senang duit) dan begitu melankolis... tau  sendiri kawan bagaimana sih rasanya berpisah dengan orang yang dicintai? sakit..sakit...  sungguh sakit...sampai nembus uluh hati... menjalar ke jantung.. pada akhirnya jadilah air mata sebagai bukti ketidakrelaan atas perpisahaan yang biru ini... tekad kembali membangun optimis;
            “Sudahlah Don... setiap pertemuan pasti ada perpisahan... gak perlu sedih begitu!”
            “Ah... kamu gak tau gimana sih rasanya sakit.” Si hati membela diri.
            “Kenapa sih kamu gak belajar dari kehidupanmu? Sudah berapa kali kamu mengalami perpisahan? Coba hitung!” Kembali sang tekad berargumen.
            “Iya.. ibu kandung ku meninggal waktu aku umur 3 tahun.. terus karena alasan pendidikan aku harus berpisah dengan ibu asuhku, yang telah memanusiakan aku dan berlayar ke Pulau Jawa nan jauh tak terkira, habis itu.. aku berpisah dengan teman-teman sekolahku... dan lanjut berpisah dengan teman-teman kuliah... dan lagi berpisah dengan ibu kedua ku untuk selamanya.. sudah banyak ya? Tapi... kali ini aku gak bisa berpisah kawan!” Lagi-lagi sang hati tetap pada pendiriannya untuk bersedih.
            “Ah... kamu cengeng! Udah tegar.. angkat dahi dan melangkahlah!” sang tekad memberi kekuatan.
            “Hmmm.. baik kawan aku berusaha.. tapi aku sudah terbiasa menggunakan air mata sebagai bukti kalau aku terluka.. biarlah air mata jadi saksi atas perpisahaan ini please biarlah ku luapkan setelah itu aku ikut kamu.” Ada negosiasi dari sang hati.
            “Ok.. itu baru manusia tegar!”
            “Jangan berlebihan aku bukan manusia tegar.. aku hanya berusaha untuk tegar!”
            “Terserahlah yang penting kamu harus terima kenyataan!”
            Air mata teruari dari wajah-wajah orang-orang yang kukasihi.. air mata campur ingus terus meleleh.. di wajahku saat menatap wajah mereka... dan kali ini aku mendengar nasihat dari kakak sepupuhku.. beliau adalah sosok yang ku kagumi sejak aku masih kecil.. saat ibunya membagi kasih sayang dengan ku ketika aku tak lagi punya ibu.. bahkan ibunya lebih memperdulikan aku, tak ada sedikit kecemburuan.. dan dia rela untuk tidak melanjutkan sekolah hanya karena kemiskinan dan harus membiarkan aku sekolah... aku selalu cerita kepada anak-anaknya;
            “Bapakmu ini kalau dia lanjutkan sekolah maka dia tidak jadi kepala dusun tapi bupati.. otaknya cerdas.. dan selalu seiring dengan ucapannya..”
            Anaknya hanya diam dan mengangguk.. kalau aku bercerita... ada kebanggaan terukir di wajah polos mereka..
            “Sekolah yang rajin.. biar bisa wujudkan cita-cita bapak ya.. jangan seperti Nana (Om: bhsa Lamaholot)”
            Anaknya yang kedua menimpal,
            “Aku mau sekolah seperti nana sampai sarjana.. kalau perlu lebih dari Nana.”
            “Mantap!”

            Baiklah nostalgianya sampe situ dulu kembali.. ke pokok pembahasan... waduh kayak orang pidato saja..
            Akhirnya aku berlayar dengan kapal laut yang udah berumur alias udah tua banget... biasa kalau kapal yang udah usia lanjut pasti diover ke kawasan tertinggal seperti NTT.. dan udah bisa kebayang gimana rasanya naik kapal laut yang jalan kayak siput di tengah ombak lepas lautan Australia.. dan pada bulan-bulan musim hujan... pertama bagian depannya angkat terus oleng ke kanan habis itu oleng kekiri sambil pantatnya angkat.. bayangin selama dua hari kondisi seperti itu siapa yang bisa tahan...
            “Ini nih mau merubah masa depan? Siap-siap mampus di tengah laut” Si hati protes..
            “Tenang nakoda lebih tau dari penumpang.” Sang tekad belah diri.
            “Ah.. sok tau.. liat tu orang-orang sudah tidur dengan muntah.”
            Di setiap ruang selalu saja makanan yang seharusnya berada di dalam perut gak jadi mroses ke usus tapi terbuang ke luar lewat mulut..  gara-gara kapal jalannya sambil joget.. dan itu tercecer di setiap bagian kapal yang di tempati penumpang... apalagi kalau mau ke wc.. semua menu lengkap tersedia.. makanan yang harusnya diproses oleh lambung harus keluar dan bertaburan di lantai wc maupun kamar mandi dengan variasi menu ala masakan warung tegal... belum lagi pas mau masuk sudah ada orang di dalam yang sedang oak..oak..hrrr..puiz..puz.. dan Waduh!!.. air liurku jadi tambah banyak.. biar ngebayangin sendiri kelanjutaanya... pokoknya tobat aku naik ini kapal..
Aku udah mulai gak tahan.. air liur mulai berkumpul dimulut.. kepala mulai pusing..perut udah mual.. mampus.. aku sampai muntah maka parah..
Sepertinya sang tubuh tau bagaimana mencari penawar dalam posisi kejepit seperti ini.  Dengan kekuatan yang tersisa aku melangkah menyusuri dek demi dek sampai pada dek paling atas disana ada cafetaria.. ada jual makanan.. gila kalau dilihat harganya maka gak manusiawi.. itu kalau dibandingkan dengan di darat..
Beli gak ya? Mulai raba-raba saku.. sambil lihat daftar
Bakso, 1 prosi 10.000 isi 4 biji, minum.. teh panas 5.000... pikir sejenak..
Biar sudah beli saja daripada terkapar di atas kapal..
Jadilah kunikmati bakso dengan teh panas.. setiap kalau merasa mual.. menu itu yang jadi langganan.. habis..habis uang...
            Tiba-tiba... kapal oleng semakin keras... orang-orang mulai panik... waduh.. tengah malam ditengah samudra nih.. gak ada lampu morcusuar artinya gak ada daratan sejauh mata memandang.. lihat hp.. no network connection, gak ada sinyal.. pasrah... keadaan seperti ini biasanya kekuatiran mulai menguasai.. dalam kepanikan ku, ada penumpang yang mendekat..
Tangannya terkatub ke dada... aku melirik kelihatan ada kepanikan yang mendalam terukir di wajah sangarnya..
            “Tuhaaaan biarkan kami berlayar.”  Mulutnya komat-kamit kata-kata selanjutnya gak jelas terdengar.. kekuatiran ku agak meredah dengan melihat orang di sebelah ku..
“Tampang Preman... tapi hati.. lebai..” Tentu saja aku bergumam dalam hati kalau sampai bersuara bisa-bisa aku kena cekik badan jinnya aladin.. apalagi lenganya aja sebesar paha ku.. sekali pok terpelantik 10 kali... Tiba-tiba....
            “Aduh...aduh... Tuhan..Tuhan.. Tuhaaaan Tolong... biarkan kapal ini berlayar dengan tenang!” Tangannya yang terkatup udah terbuka lebar matanya yang tertutup udah buka dan menatap ke langit-langit nan hitam kelam seolah-olah memaksa kehendak Yang Maha Kuasa... Aku gak jadi takut malah tersenyum sambil pura-pura menunduk.. bagaimana tidak.. ini orang duduk di cafetaria tadi, dia jago omong katanya gak takut sama sekali di hadapan orang banyak.. tapi rupanya dia hanya hibur diri tadi biar dianggap jago... dia gak tau kalau dari tadi aku diam-diam mengamati tingkah lakunya.
Kalau udah begini baru manusia merasa butuh Tuhan.. dan lebih parah lagi pake maksa lagi. Andaikan Tuhan kayak manusia maka tanggapannya pasti.. Rasaiin lu.. selama ini lu bilang jago.. sekarang baru lu butuh gua.. hmmm berenang sana!
Waduh gawat kalau tuhan udah begini..
Si badan raksasa ini masih berdiri dengan posisi sama sambil komat-kamit.. tiba-tiba kapal ombang-ambing dengan keras.. dan aku berpegangan dengan erat di pagar.. dan lain dengan “tetanggaku” ini
.. Pag..brug..dumm.. begitu aku berusah mengenali sumber bunyi ini ternyata berasal dari si badan besar.. dia gak berdiri lagi tapi tidur terlentang di lantai seperti bayi raksasa yang baru berusaha belajar untuk membalikan badan.. sambil tangannya berusaha menggapai sesuatu yang terdekat tapi gak ada....
Kondisi seperti ini maka sifat kemanusiaan muncul.. sebenarnya gak pantas disebut sifat kemanusian.. tapi ibah atau prihatin... ku rentangkan tangan ku berusaha untuk membantunya bangun... dan harapan tercapai tangannya yang besar menggenggam tanganku.. bagai gorila yang memegang tangan monyet kerempeng.. dan hasil akhirnya adalah bukan menyelematkan tapi mencelakakan.. bukan aku membantu dia untuk bangun.. tapi...
Bisa dibayangkan toh kawan.. aku terseret.. karena tanganku yang kerempeng gak kuat menahan jadilah terbanting ke lantai.. jadilah kami merayap-rayap di lantai dek kapal.. dan kapal mulai sedikit tenang...
“Aduh... (tarik nafas) Sial..saya tidak mau ikut pelayaran seperti ini lagi” Duduk sandar di dek, ungkapan sesal terlontar dari mulut si bayi raksasa... mau gimana bro.. udah terlajur di atas... enjoy aja....
“Kalau laut ini ibarat darat saya sudah turun dari tadi” Pengandaian terlontar sambil tatapan mata mengarah ke wajahku.. hmm berandai-andai.. kalau udah gak enak begini baru berandai-andai if I were bla..bla..bla.blaa.. aku hanya senyum..
“Kamu sudah biasa naik kapal seperti ini?” Suaranya agak keras.. dalam hati dia mungkin berfikir ini orang.. saya sudah dari tadi menggap-menggap omong terus dia gak ada tanggapan.. apa tuli atau bisu? Untuk menapik anggapannya ini,
“Baru kali ini saya naik kapal dengan keadaan ombak seperti ini” Tangan kembali memegang pagar... kapal goyang lagi...
“Turun dimana?”
“Sumba”
“Kalau abang?”
“Bima”
“Berarti saya turun duluan.”
Ya... nasib... habis mau bagaimana Sumba juga masih jauh apalagi ke Bima lagi..
Kemudian,
“Pak kamu disini toh aku udah cari dari tadi.” Rupanya ini istrinya.. hatinya resah coba kejadian tadi sang istri ada di sampingnya.
“ Ibu duduk di dalam pusing saya.. bisa-bisa saya mati duduk sudah..”
“Bapa gak apa-apa?” Rupanya istrinya orang Jawa.
“Gak apa-apa gimana kita baru saja berenang di atas lantai sama itu nyong.” (menunjuk ke arah).
“Jatuh ya?”
“Ya iyalah.. tanya meluluh.”
Begini nih kalau sudah hidup berkeluarga kalau masa pacaran selalu sayang.. cinta.. omong juga lembut..halus kalau udah tau luar dalam maka kemesraanpun menghilang apalagi ditambah situasi begini..
“Kita masuk saja pak! Angin kencang banget nih!” Istrinya membujuk.
“Tunggu kepala saya masih pusing.” Dan kembali duduk. Istrinya pun ikut duduk.. benar-benar istri setia.. suami gak ada dicari begitu ketemu dalam keadaan sulit ditungguin.. romantis bro...  tiba-tiba ada bunyi tanda ada pengumuman..
Kami saling memandang dan memfokuskan indara pendengaran..
“Pasti kita udah mau masuk daratan Pak!” Istrinya berusaha menghibur suami yang sangar ini.
“Bagi para penumpang yang ingin menonton segera menuju ke dek 5 ada pemutaran film korea Drama Romantis menampilkan artis terkenal dan berani dalam berakting” (namanya aku lupa).. suara dari operator.
“Huhuu sial.. daratan apa?” Si bapak protes.
Daripada aku berada disini.. dan ikutan stress.. panik.. entar kalau kapal tenggelam mati dalam keaadaan tegang trus lahir di alam setan gentayangan ku putuskan menghadiri undangan ke bioskop...
“Saya ke dek 5 nonton dulu.” Aku pamitan.
“O iya ade.. Trimakasih.”
“Sama-sama Abang.” Dalam hati terimakasih? Perasaan aku gak buat apa-apa mau nolongin dia juga gagal.. mungkin dia merasa berpartisipasi dalam penderitaan atau sekedar terimakasih? ah gak pasti.. mendingan nonton saja.
Beranjaklah aku ke dek 5 dan beli tiket di petugas, harga 10.000. mudah-mudahan filmnya asik..
Dan pintu bioskop mini dibuka aku masuk.. tempatnya gelap.. posisi kursi kayak biskop 21 di Citraland atau Plaza Semarang.. bedanya jumlah kursi Cuma sepuluh lebih.. dan aku memilih duduk di kursi terdekat kebetulan yang nonton Cuma beberapa orang saja.. dan.. apa filmnya?
“Kupret.. kayak gini nih kalau kapal tenggelam maka terlahir di alam neraka semua.. atau minimal jadi ayam jago yang gak pernah puas ngejar-ngejar ayam betina buat memuaskan hasrat seksualnya.” Komentar ku dalam hati.
Jalan cerita gak jelas.. apalagi para pemain omong pake Bahasa Korea.. mana ngerti.. gak ada terjemahannya lagi.. dan jumlah pemainnyaa bisa dihitung.. setting tempat juga di kamar tidur.. bengkel. Jalan sepi. Dan kafe.. dan
Dialog sebentar, gak tau apa yang diomongin tiba-tiba ceweknya buka baju.. habis itu cowoknya udah mulai horni dan bayangin sendirilah apa yang terjadi kalau bukan ekpresi oh.. yes..oh.. no... (ekspresi versi barat) entah dimanapun mereka berada selalu begitu.. adeganya..
“Sial.. ini film drama romantis atau semi blue?.. mau keluar.. udah bayar 10 ribu.. rugi.. biar sudah.. duduk ajalah.” Lagi-lagi otak ekonomi berkalkulasi.
Karena udah jenuh menatap ke layar besar di depan mata mulai lirik ke samping.. sekedar mencari tau apa ekspresi penonton dengan adegan di layar.. tepat di samping ku duduk seorang bapa tua.. pake kacamata lagi.. tampangnya serius banget. Meskipun lampu ruangan mati.. tapi cahaya dari layar cukup menerangi ruangan kecil ini..
Si bapak berkacamata duduk terpaku, terpesona. Kuarahkan pandangan ke tempat lain.. semuanya anak muda.. dan dia yang paling tua..
Ini kalau kapal tenggelam dan mati maka dia jadi kepala suku kami untuk menghadap di pengadilan akhirat dan pasti gak ada negosiasi lagi langsung masuk ke alam menderita sudah.. apalagi dia asyik banget menikmatinya..
Dan tiba-tiba Hpku bergetar. Sedikit menarik nafas.. daratan sudah dekat di HP sudah ada tulisan “telkomsel”
Ada sms dari kakak, “Bagaimana nong sudah sampe mana? Kami tidak bisa tidur.. Disini angin ribut hujan dari tadi siang tidak berhenti-berhenti.”
Secepat ku balas, “Masih di tengah laut.. ombak besar.. kapal oleng..”
Dan tidak berapa lama balasan masuk, “Nong doa terus ya! Kakak juga bantu doa.”
Doa? Sementara di depan adegan bikin nafas naik turun tak henti...
Dari pada bikin otak ngeres terus kuputuskan untuk keluar sajalah.. sambil melihat lampu morcusuar biar hati agak tenang sedikit.. dan betul rupanya lampu-lampu mulai kelihat, meskipun aku juga gak tau itu pulau apa. Ombak mulai tenang.. wajah penumpang mulai sumringah.. pada situasi seperti ini kekayaan, kedudukan, uang, sudah tidak penting lagi daratan adalah nilai yang tak bisa di ukur.. dia yang bisa menghibur dan menghadirkan keceriaan di wajah para anak manusia yang sedang terombang-ambing di lautan lepas.. wajah mereka bagai anak yang sudah lama merindukan kehadiran ibunya..

1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.